Makalah E-Commerce
Perkembangan teknologi informasi
yang sangat dramatis dalam beberapa tahun terakhir telah membawa dampak
transformational pada berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalamnya dunia
bisnis. Setelah berlalunya era “total quality” dan “reengineering”, kini saatnya
“era elektronik” yang ditandai dengan menjamurnya istilah-istilah e-business,
e-university, e-government, e-economy, e-emtertainment, dan masih banyak lagi
istilah sejenis.
Salah satu konsep yang dinilai merupakan
paradigma bisnis baru adalah e-business atau dikenal pula dengan istilah
e-commerce sebagai bidang kajian yang relatif masih baru dan akan terus
berkembang, e-business berdampak besar pada praktek bisnis, setidaknya dalam
hal penyempurnaan direct marketing, transformasi organisasi, dan redefinisi
organisasi. Model bisnis ini menekankan pertukaran informasi dan transaksi bisnis yang bersifat peperless, melalui Elektronik Data Interchange (EDI), E-mail, dan teknologi lainnya yang juga berbasis jaringan. Popularitas e-business dipenghujung abad 20 dan di awal milenium baru ini ditunjang oleh tiga faktor pemicu utama, yaitu (1) faktor pasar dan ekonomi, diantara kompetisi yang semakin intensif, perekonomian global, kesepakatan dagang regional, dan kekuasaan konsumen yang semakin bertambah besar, (2) faktor sosial dan lingkungan, seperti perubahan karakteristik angkatan kerja, deregulasi pemerintah, kesadaran dan tuntutan akan praktis etis, kesadaran akan tanggung jawab sosial perusahaan, dan perubahan politik, dan (3) faktor teknologi, meliputi singkatnya usia siklus hidup produk dan teknologi.
Download Makalah E-Commerce DISINI
0 komentar:
Post a Comment